DETERMINAN KEPUTUSAN PEMBELIAN ONLINE: PERAN KUALITAS SISTEM INFORMASI AKUNTANSI DI E-COMMERCE SHOPEE
Abstract
Penelitian ini bertujuan menganalisis pengaruh Sistem Informasi Akuntansi dalam variabel kemudahan dan keamanan dalam penjualan online di e-commerce Shopee terhadap keputusan pembelian. Penelitian ini dilakukan pada mahasiswa aktif Program Studi Akuntansi Universitas Antakusuma angkatan 2017 – 2023. Metode penelitian menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan kuesioner yang disebarkan pada 66 responden mahasiswa, kemudian data dianalisis dengan regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan secara simultan, kemudahan dan keamanan sistem informasi akuntansi mempengaruhi keputusan pembelian sebesar 75.4%, sementara 24.6% dipengaruhi oleh determinan lain. Uji F menunjukkan pengaruh signifikan variabel kemudahan dan keamanan terhadap keputusan pembelian (F hitung = 100,372 > F tabel = 3,14). Adapun hasil uji t menunjukkan bahwa kemudahan (t hitung = 7,894 > t tabel = 1,997) dan keamanan (t hitung = 14,114 > t tabel = 1,997) secara parsial berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan pembelian dengan nilai signifikansi < 0,05.
Downloads
Published
Versions
- 2025-02-04 (2)
- 2025-02-04 (1)