Analisa Aerodinamis Desain Body Project Mobil LISTRIK Universitas Antakusuma
Abstract
Dewasa ini manusia dituntut selalu dinamis untuk dapat mengikuti perkembangan teknologi khususnya di bidang otomotif. Upaya penghematan energi melalui pengurangan penggunaan bahan bakar dan peningkatan efisiensi mesin merupakan fokus dari berbagai pengembangan teknologi masa kini. Para produsen kendaraan pun dituntut untuk dapat menciptakan suatu kendaraan yang memiliki tingkat efisiensi bahan bakar yang tinggi. Banyak cara yang dilakukan demi mewujudkan hal tersebut antar lain dengan menurunkan berat kendaraan, mengoptimalkan efisiensi pada mesin, dan mengurangi gaya hambat (drag) dan gaya angkat (lift). Penelitian ini berfokus menganalisa secara Computational Fluid Dynamics aliran 3 Dimensi yang melintasi body project mobil listrik fakultas teknik universitas antakusuma untuk mendapatkan nilai drag force dan lift yang minim dan optimal. Dari hasil analisa yang telah dilakukan pada pengujian Raw model 1, Raw Model 2, dan Raw Model 3 dengan kecepatan 60 km/jam pada Ansys Fluent. Dari data yang didapat nilai drag coefficient berdasarkan perbedaan model body. Drag coefficient berdasarkan urutan nilai yang paling baik adalah Raw model 3 dengannilai???????? = 0,0229,Rawmodel1dengannilai???????? =0,0328danRawmodel 2 dengan nilai ???????? = 0,0345, dan dari data yang didapat nilai lift coefficient berdasarkan perbedaan model body. Lift coefficient berdasarkan urutan nilai yang paling baik adalah Raw model 2 dengan nilai ???????? = − 0,0095, Raw model 1 dengan nilai ???????? = - 0,0038 dan Raw model 3 dengan nilai ???????? = 0,0041.